lupa password windows xp

di posting oleh cH1km0nK on 03/11/08

Anda lupa akan password dari akun Windows XP yang Anda miliki? Ada virus yang mengubah password dari akun Windows XP yang Anda miliki? Bila Anda sebelumnya telah membuat Password Reset Disk, hal ini tentunya tidak menjadi masalah. Cukup gunakan Password Reset Disk dan Anda bisa mengubah password yang ada sesuai keinginan. Berikut PCplus akan menunjukkan cara membuat Password Reset Disk.
Demi alasan keamanan, biasanya satu komputer yang digunakan oleh beberapa pengguna menggunakan setiap password yang berbeda untuk tiap penggunanya.
Pemberian password yang berbeda ini bertujuan untuk menyimpan profil dan pengaturan setiap akun, agar nantinya setiap pengguna yang terdaftar pada komputer tersebut memiliki tingkatan yang berbeda serta dapat menggunakan Windows XP sesuai dengan kehendaknya tanpa mengganggu pengaturan pengguna lain. Pada NTFS, folder dokumen juga dapat diatur agar hanya dapat dibuka oleh akun pemilik dokumen.
Tanpa password atau salah memasukkan password, pengguna tidak dapat masuk ke komputer tersebut. Oleh karena itu, sangatlah vital untuk selalu ingat akan password dari akun miliknya. Tapi, bisa saja password berubah karena ketidaksengajaan atau ulah virus.
Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya Anda membuat Password Reseter dengan utiliti bawaan Windows XP, yaitu Password Reset Disk.
Password Reset Disk ini nantinya berfungsi utntuk me-reset password yang telah ada dan menggantinya dengan password baru. Anda tinggal memasukkan password baru tersebut menggunakan akun bersangkutan.
Meskipun nantinya Anda mengubah password dari akun Anda beberapa kali, Anda hanya perlu membuat Password Reset Disk sekali. Password Reset Disk tersebut tentunya hanya dapat digunakan untuk akun bersangkutan saja. Password Reset Disk sebuah akun tidak dapat digunakan untuk akun lainnya.
Untuk membuat Password Reset Disk ini diperlukan sebuah floopy disk atau USB flash disk, untuk meletakkan file yang diperlukan. Bila yang digunakan USB flash disk, pasang terlebih dahulu USB flash disk tersebut agar dapat dideteksi dan dipilih pada pembuatan Password Reset Disk.
Langkah-langkah yang PCplus gunakan untuk membuat Password Reset Disk bisa Anda lihat berikut ini.
1. Pada Windows XP klik [Start] > [Control Panel] > [User Accounts].
2. Pada jendela [User Accounts] klik akun Anda. Sebelumnya pastikan pilihan [Use the Welcome Screen] sudah diaktifkan pada pilihan [Change the way users log on or off].
3. Klik pilihan [Prevent a forgotten password] yang ada di sebelah kiri di jendela yang muncul.
4. Berikutnya tekan tombol [Next] pada jendela [Welcome to the Forgotten Password Wizard].
5. Pada jendela [Create a Password Reset Disk] masukkan floopy disk atau USB flash disk pada PC. Pilih piranti yang ingin digunakan, lalu klik [Next].
6. Masukkan password dari akun Anda saat ini pada jendela yang muncul, lalu klik [Next].
7. Tunggulah hingga proses pembuatan Password Reset Disk selesai. Ikuti dengan menekan [Next].
8. Pada jendela [Completing the Forgotten Password Wizard], klik [Finish]. Keluarkan floopy disk atau cabut USB flash disk dari PC. Tutup juga jendela tersisa yang tidak ingin digunakan lagi.

9. Nantinya ketika diperlukan, pada [Welcome Screen] klik tanda panah berwarna hijau dan klik [use your password reset disk].
10.Pada jendela [Welcome to the Password Reset Wizard] klik [Next].
11.Masukkan Password Reset Disk yang telah Anda buat sebelumnya, floopy disk atau USB flash disk. Pilih piranti yang menjadi Password Reset Disk, lalu klik [Next].
12. Masukkan password baru yang Anda inginkan termasuk konfirmasinya. Setelah selesai klik [Next].
13. Tutup jendela yang muncul kemudian dengan menekan [Finish].
14. Masukkan password baru yang telah Anda buat tadi untuk masuk pada Windows XP.

semoga bermanfaat


Sumber : Berdasarkan tulisan yang dimuat di Tabloid PCplus edisi Tahun VII/09 - 22 Januari 2007/PCplus 274 - Halaman 34 - 35, Rubrik Tutorial.
http://annisk.blogspot.com/2007/02/jika-lupa-password-windows-xp.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar