Miracle PC Linux Komputer Mini 8 Watt Berbasis Linux

di posting oleh cH1km0nK on 31/10/08

Sebuah perusahaan dari London, Aleutia, baru - baru ini meluncurkan perangkat keras komputer hemat listrik. Anda mungkin tidak akan percaya bila konsumsi komputer ini pada beban puncaknya hanyalah 8 Watt. Ya 8 Watt (W) saja. Bahkan saat di uji coba dengan menambahkan drive eksternal atau cd writer, konsumsi listriknya hanya bertambah 3 W saja menjadi 11 W. Bandingkan dengan komputer desktop biasa yang sekurang-kurangnya menghabiskan listrik 200 W. Dengan menggunakan energi listrik dari UPS kecil, yang umumnya hanya sanggup membackup listrik 15 menit, oleh Aleutia dapat digunakan hingga lebih dari 6.5 jam.

Perangkat komputer ini sendiri utamanya ditujukan untuk pengguna di Afrika, yang wilayahnya masih banyak belum tercakup oleh jaringan listrik. Cukup dengan menambahkan panel solar maka keperluan energi dari komputer ini dapat dipasok dari energi matahari langsung. Seperti diketahui sinar matahari kaya diperoleh di daerah tropis. Komputer ini ditujukan terutama untuk para pekerja kesehatan di pedalaman, para petani yang memerlukan informais kritis seperti harga pasar, dan untuk pendidikan di sekolah-sekolah.

Meski demikian tentunya penggunaan komputer ini sebatas untuk penggunaan desktop biasa, dan tidak di anjurkan untuk penggunaan yang memerlukan proses komputasi tinggi. Aleutia E1 nama lengkap produk ini, memiliki tinggi hanya 3.5 cm, dan panjang-lebar 11.5cm. Prosesor yang digunakan adalah 32 bit dengan kecepatan 200 MHz, dan dilengkapi dengan SDRAM 128MB. Kapasitas penyimpanan 1 GB disediakan lewat Compact Flash. Memiliki 3 port USB 1.1, 1 port ethernet, 1 colokan headphone dan mic, serta port vga yang mendukung resolusi hingga 1280×1024. Keyboardnya sendiri sudah menggunakan keyboard plastik yang dapat digulung dan anti air. Sistem operasinya menggunakan distribusi ringan Puppy Linux 2.14. Didalamnya sudah termasuk aplikasi perkantoran semacam Gnumeric (mirip dengan Excel) dan Abiword (mirip dengan Office Word). Bagi pengguna komputer zaman tahun 97an tentu masih ingat bagaimana powerfullnya prosesor 200Mhz kala itu :).




Harga komputer ini dibandrol mulai harga 199 Pounsterling (sudah termasuk pengiriman internasional) atau setara denga Rp. 3.7 juta (1 Pound = Rp. 19.035).

Anda berminat? Silahkan kunjungi situsnya disini. Foto-foto lainnya lanjutkan disini.

Distro Puppy Linux 2.14 dapat Anda peroleh disini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar